Monday, August 15, 2011

Sarasehan Kurikulum Baru


Sosialisasi Kurikulum 2011
 -jumat, 12 Agustus 2011-

Angkatan 2005-2008 mengikuti kurikulum 2007, dan angkatan 2009-2010 akan mengikuti kurikulum 2011. Beban studi pada kurikulum 2011 sebanyak 146 sks, 144 mata kuliah wajib dan 2 pilihan.
Perbedaan kurikulum 2007 dengan kurikulum 2011 , yaitu ada beberapa mk yang digabung, cara mengulang mk-nya yaitu dengan cara mengikuti kelas dari angkatan 2011.

Pertanyaan :
Agit (2008) :
 di farmasi lain berbasis industri , klinis dll , di unsoed , apakah ke depan farmasi tetap hanya berorientasi terhadap klinis saja ?
Jwb= visi misi farmasi masih tetap , jadi sementara masih klinis dan komunitas saja
Rendi (2009) :
Mengapa hanya angkatan 2010 dan 2009 saja yang diberlakukan kurikulum baru ?
Apakah adil pemberlakuan diambilnya nilai terbaik  dalam penggabungan mata kuliah , misalkan di anfisman ?
Jwb=  angkatan 2009 dan 2010 akan disimulasikan , 2009 dan 2010 akan kerepotan tapi  akan lebih pendek waktu kuliahnya.
Nilai yg terbaik tetap diambil, ini dirasa lebih menguntungkan bagi mahasiswa.

Gigih (2009) :
Mengapa  angkatan  2009 tidak mengikuti kurikulum 2007??
Mengapa banyak sks yang dihilangkan ?? apa mahasiswa tidak akan dirugikan ?
Sebenarnya mhs tidak terlalu dirugikan , karena selama ini di Unsoed pembayaran kuliah nya pun tidak per sks.
Sani (2010) :
Bagaimana transkrip nilai angkatan 2010 apakah akan mengikuti kurikulum 2011 ataukah tidak ?
Transkrip nilai 2009 dan 2010 akan mengikuti kurikulum 2011. Hanya saja transkrip nilai yang akan keluar di semester sekarang masih menggunakan nilai lama belum diubah ke kurikulum 2011, namun pada saat lulus nanti angkatan 2009 dan 2010 akan diberikan transkrip nilai yang baru dengan menggunakan kurikulum 2011.
Triayu (2009) :
Bagaimana nanti nilai bio anal 2009 ?
Berapa persen kerugian dr 2009 jika mengikuti kurikulum 2011 ?
Secara waktu diperkirakan 2009 tidak akan terlalu dirugikan.
Para dosen belum menghitung kerugian dari penerapan kurikulum 2011 ke 2009 dan 2010 , hanya saja tim kurikulum akan memperkecil kerugian yang diterima mahasiswa.


Aldi :
Misalkan kewirausahaan , angkatan 2010 sudah mengikuti yg kewirausahaan 1 , nanti bagaimana cara mengikuti kewirausahaan 2 nya sedangkan pada kurikulum kewirausahaan digabung mata kuliah nya ?
 Mahasiswa tetap mengikuti perkuliahan kewirausahaan dengan beban sks 1-1 , hanya saja  pada teknisnya mahasiswa diperbolehkan mengikuti  kelas teori nya atau tidak, tetapi wajib mengikuti praktikum. Nilai teori akan diambil dari nilai kewirausahaan yang sudah diambil sebelumnya.


Cara mengulang matakuliah :
Untuk mhs 2005-2008
Ketika mahasiswa akan mengulang , di krs mahasiswa tetap mengisi dengan kode mata kuliah kurikulum 2007 tetapi pada pelaksanaan perkuliahannya mahasiswa akan mengikuti  kelas dengan kurikulum baru yang terdapat penggabungan mata kuliah dan nantinya akan dianggap sama dengan matakuliah yang diulangkan.
Pada angkatan 2005-2008 nantinya akan ada beberapa mata kuliah yang tidak ditawarkan pada semester sekarang tapi akan diberikan pada semester akhir.
Jika ada mahasiswa yang menginginkan mata kuliah yang memang tidak ditawarkan maka matakuliah tersebut bisa saja diadakan tetapi harus diajukan ke para dosen sebelumnya.
Untuk angkatan 2005- 2008, akan ditawarkan kurikulum 2007 di semester 7 yang di semester lain tidak ditawarkan. Misalkan matematika dasar, nanti pada saat mengisi krs kode yang digunakan sesuai dengan kurikulum 2007 , tetapi kuliah nya mengikuti perkuliahan matematika dan fisika dasar di kurikulum angkatan 2011.
Untuk 2009 dan 2010
Dari 2 mata kuliah yang digabungkan maka nanti akan diambil nilai terbaik dr kedua nilai tersebut. Misalnya pada anfisman , nanti akan diambil nilai yang terbaik diantara anfisman 1 dan anfisman 2. Jika kedua-duanya masih memiliki nilai yang kurang baik maka bisa diulang mengikuti kelas dengan kurikulum 2011.

Pertanyaan :
Dari 2008
 Bagaimana saat seorang mahasiswa kedua nilai nya masih harus mengulang , misalnya afm 1 dan 2 ??
Kuantitas mahasiswa,  apakah tidak ditentukan jumlahnya berapapun ?
Jika kedua-duanya masih memiliki nilai yang kurang baik maka bisa diulang mengikuti kelas dengan kurikulum 2011.

sobari (2008):
Misalnya pada Teknologi sediaan farmasi , Biofarmasetika , parasitologi, ketika mahasiswa yang ingin mengulang apa tidak menghambat mahasiswa yang lain karena mata kuliah tersebut ada di semester genap ?
Jwb = Masih butuh masukan.
2007 :
Untuk angkatan 2007, apakah transkrip nilainya juga akan mengikuti kurikulum baru ??
Jwb= Mahasiswa angkatan 2007 tetap menggunakan kurikulum 2007, kode krs-nya juga menggunakan kode kurikulum 2007 , hanya saja pada pelaksanaan perkuliahannya mahasiswa mengikuti kuliah di kelas yang mengikuti kurikulum baru.

Rizki ph:
Apakah biofar di kurikulum baru bisa untuk mengulang ??
Kimor 2 , apakah bisa mengulang di kimia intrumental ?
Jwb= Untuk biofar bagi yang mengulang akan menggunakan kurikulum baru ditambah praktikum, mengikuti yang kurikulum 2011.
jadi bagi biofar yang sudah mendapat nilai bagus tetap harus mengikuti praktikum , nilai teori nya diambil dr nilai yang sudah didapat sebelumnya. Tapi tetap memasukan bobot 3 sks.



Sani :
Untuk patologi klinik dan patologi umum, angkatan 2010 baru mengikuti patologi umumnya saja , jadi bagaimana nanti dengan patologi klinik yang belum diikuti ?
Jwb=Jika sudah mengambil patologi umum maka 2010 tidak akan mengambil patologi klinik karena pada kurikulum 2011 kedua mata kuliah tersebut digabungkan, sehingga tidak akan ada lagi perkuliahan patologi klinik walaupun belum diambil mata kuliahnya. Memang disini 2010 agak sedikit dirugikan.

Gigih :
Bagaimana jika mahasiswa telah mengambil mata kuliah etika farmasi, tapi belum mengikuti mata kuliah perundang- undangan farmasi ?
Mahasiswa yang belum mengambil perundang-undangan farmasi  tetap harus mengambil mata kuliah perundang-undangan dan etika farmasi di kurikulum baru , nanti di akhirnya kedua nilai mata kuliah yang telah diikuti ini (pef , perundang-undangan dan etika farmasi)  akan di rata-ratakan dr nilai angkanya. Bagi angkatan 2009 yang sudah mengambil perundang-undangan farmasi nantinya nilai kedua mata kuliah tersebut akan dirata-ratakan juga.

Untuk 2009 dan 2010, akan tetap menggunakan kurikulum baru dengan menggunakan paketan simulasi, jadi susunan mata kuliah yang diikutinya tidak akan sama dengan angkatan 2011.


Rizki novasari (2009) :
Apakah mata kuliah bioanal akan mengurangi jatah sks kita ?
Jwb= Tidak , karena akan mengikuti paketan simulasi.

Zaki (2010):                                                                            
Apakah mata kuliah Perundang-undangan farmasi akan ditawarkan pada semester ini ??
Jwb= Tidak, mata kuliah tersebut akan ditawarkan pada semester ganjil 2013-2014.

Sisa sks yang dimiliki bisa digunakan untuk mengambil sks yang tanpa prasyarat atau mata kuliah yang syaratnya sudah terpenuhi. Untuk pengambilan mata kuliah dengan sisa sks bisa di bicarakan dengan pembimbing akademiknya masing-masing.

Yohan (2009) :
Untuk pengambilan nilai, apakah system nya dengan cara diambil rata-rata dari kedua nilai teori ataukah nilainya akan digabungkan ? ataukah akan diambil salah satu nilainya saja ?
Jwb= jika nilai teori mata kuliah yang diambil sudah bagus nantinya mahasiswa diperbolehkan hanya mengisi  tanda tangan untuk nilai teori saja , jadi nanti yang akan diambil hanyalah nilai praktikumnya saja.

2009:
Di angkatan 2009, misalkan pada semester 5 punya kelebihan  3 sks , apa bisa ambil toksikologi ??
Jwb= Secara teori bisa , hanya saja pada teknis nya dikhawatirkan jadwal perkuliahannya akan bentrok. Mahasiswa diperbolehkan mengambil toksikologi asalkan jadwalnya tidak bentrok. Sebaiknya konsultasikan dengan pembimbing akademik mana mata kuliah yang harus di prioritaskan untuk mengisi kelebihan sks yang dimiliki.

Nadia :
Matakuliah prasyarat diadakan pada 1 semester secara bersamaan apakah tidak akan memberatkan nantinya ?
Jwb=  Tidak memberatkan. Karena pelajarannya pun masih berhubungan.
Bagaimana dgn mhs yang dpt 18 sks ?? sedangkan pada semester 3 ada 21 sks ?
Jwb = resiko , karena jatah sks nya tidak mencukupi jadi nanti kuliahnya akan semakin lama.
Apa dari jurusan akan mengusahakan sp untuk kita ?
Jwb= sepertinya jurusan akan mengadakan sp, masih dibicarakan. Pelaksanaan sp menyangkut masalah keuangannya.
Apakah nilai di sia nilainya sudah benar ?
Jwb= nantinya sebelum di cetak, khs akan dilakukan pengecekan ulang nilai setiap mahasiswa.
Apa perbedaan dari Skripsi 1 dan 2??
jawab= skripsi 1 menyangkut pengajuan proposal pembuatan skripsi , dan skripsi 2 adalah hasil pembuatan skripsinya.
 triayu :
untuk sp , apakah akan terkena biaya yang baru ataukah tidak ?
jwb= untuk biayanya akan diperhitungkan terlebih dahulu.
Misalkan mahasiswa ingin mengambil kuliah dari sisa jatah sks , apa bisa untuk mengambil sp jatah nya ??

Mahasiswa yang memiliki jatah sks lebih maka mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah pilihan , jadi mata kuliah pilihan lebih diprioritaskan.
Karena matakuliah  pilihan itu lebih fleksibel  jadwalnya, jika minimal ada 20 mahasiswa yang ingin mengikuti matakuliah pilihan yang sama , maka matakuliah tersebut akan diadakan.

No comments:

Post a Comment