Wednesday, June 15, 2011

.[W].[N].[T].[D].

M : Assalamualaikum... Permisi,Pak...kami dari Farmasi Unsoed... Boleh mengganggu  sebentar.
W : Oh iya mba...ada apa ya?
M : Bapak tau ini hari apa?
W : Hari selasa,mba....
M : Iya,Pak...benar hari ini hari selasa... tapi apakah bapak tau hari ini adalah hari anti tembakau sedunia
W : Oh gitu ya,mba? Terus kenapa,mba?
Itulah sedikit cuplikan percakapan antara mahasiswa Farmasi dengan seorang bapak yang tengah mengantar anaknya menonton pertunjukan lumba-lumba di lapangan Porka,Purwokerto. 
Dalam rangka memperingati Hari Anti Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day (WNTD) yang jatuh setiap tanggal 31 Mei, BEM Farmasi UNSOED melaksanakan aksi turun ke jalan untuk membagikan leaflet yang berisi bahaya merokok, zat-zat berbahaya yang terkadung dalam rokok, dampak merokok, dan tips untuk berhenti merokok. 

Selain itu, mahasiswa juga melakukan KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi) yang bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat tentang rokok bertujuan dan untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai bahaya tembakau.
Ada 4 spot yang kami jadikan tempat target, lapangan Porka, stasiun kereta api, Andang Pangrenan (taman kota), dan alun-alun.
Tidak mudah mengubah kebiasaan merokok masyarakat. Apalagi hanya dengan leaflet dan KIE yang kami berikan saat itu. Semua tergantung dari perokok itu sendiri dan lingkungan. Mewujudkan mimpi Indonesia untuk bebas dari tembakau butuh peran serta masyarakat selain usaha dari pemerintah. 
Kesadaran untuk tidak merokok di tempat umum dan didepan anak kecil, akan mengurangi resiko buruk yang diakibatkan rokok. Bahkan, berhenti merokok adalah pilihan terbaik untuk bisa mewujudkan generasi anak bangsa yang sehat dan kuat.
Nah, bagaimanapun cara teman-teman menyikapi hari anti tembakau?? mudah-mudahan semuanya bisa menyikapi dengan bijak. Baik perokok aktif maupun pasif. 
       ' bapak bapak saya mau ngomong nihh ^^'
 
        'tuhh makanya lo jangan ngerokok (hehe)'
mereka yang tak pernah berhenti memberikan perhatian pada bangsa ini ^_^


No comments:

Post a Comment